RSS FEED

Cari uang tambahan melalui Photography

Akhirnya dapet waktu buat posting ^^ .. huuufff..
Yup, Back to topic!

Saya mau share sedikit tentang gimana cara menghasilkan uang ekstra/tambahan melalui Photography dengan cara menjual hasil karya kalian secara online.












Tentunya untuk yang pemula pun bisa atau yang profesional sekalipun juga oke ;) Here goes!



Requirementnya apa aja sih?
 









Kamera
Of course! tentu saja! Tanpa kamera motret pake apa??? ^^ Pastinya menggunakan kamera DSLR (Kamera digital) Terus minimum pixelnya is 4 Mega Pixel (jangan gunakan kamera Handphone) Kenapa harus pakai kamera digital?? Yup, cos agar mudah untuk mentransfer hasil foto kalian ke dalam komputer.




















Komputer
Yup! Pastinya! Karena online so pasti komputer adalah salah satu bagian terpenting. Ga perlu yang muluk muluk speknya, yang penting kapasitas harddisk cukup besar untuk menyimpan hasil karya kalian dan cukup kuat untuk memakai software design seperti Photoshop atau software olah foto lainnya.

Kenapa pakai software olah foto segala??

Menggunakan software olah foto tidaklah harus, tapi jika kalian ingin memperbaiki foto kalian yang noisenya berlebihan, Exposure yang berlebih, gambar yang blur dan lainnya, Software olah foto akan sangat membantu kalian. (PS: Gunakan Photoshop element versi 7/8, karena fasilitasnya lebih memadai dan mudah digunakan)





















Koneksi Internet
Karena kita mau berjualan secara online tentu saja koneksi internet adalah hal yang mutlak. Tapi jika yang tidak mempunyai koneksi internet dirumahnya, ke warnet aja dan usahakan cari warnet yang koneksinya stabil atau tidak putus-nyambung putus-nyambung (by BBB ^^) Karena kalian harus meng-upload foto/gambar kalian untuk dijual.
















Tempat Berjualan/Website
Wah, mesti bikin website dulu dong?? Nope! Tidak! Karena sekarang ini ada yang namanya online photo agency atau lebih dikenal "Stock Photo". Di luar sana para desainer lebih banyak menggunakan web Stock Photo ini untuk membeli photo/gambar untuk keperluan desain mereka karena lebih cepat dan mudah di dapatkan.

Bagaimana dengan harga??
Tentu saja para agency-agency Stock Photo tersebut yang menetukan berapa harga hasil karya kalian. Dari mulai $0.75 - $6.00/download dan lagi setiap ukuran mereka beri harga yang berbeda. Lumayan kan! ;) Hitung saja jika ada yang mendownload foto anda 100x so dikalikan aja misal: 100 Download x $6.00 = $600! Bukan perbulan, pertahun, perminggu bahkan bisa saja dalam satu hari ada yang mendownload image kalian sebanyak 30-50 kali! wow gede duunkk! ^^

Alamat web nya dimana tuh??
Untuk websitenya di internet sekarang ini sudah banyak sekali. Saya akan kasih link beberapa Tempat Photo stock yang Populer. Here you go:

Bigstockphoto
Stock Photos, Royalty Free Stock Photography, Photo Search

Dreamstime

Fotolia
Fotolia


123RF



Dan masih banyak lagi tempatnya (Gunakan mbah Google untuk search dengan keyword "stock photos").

So, tunggu apalagi! Daftar and jual foto-foto hasil karya kalian ;)
Semoga sharing saya berguna untuk kalian semua. Good luck ^^

PS:
- Gunakan account Paypal. cara daftarnya klik disini (Joe Navajo Blog)
- Jangan semua hasil karya kalian di jual secara online
- Gunakan software edit/olah foto, agar hasilnya lebih maksimal

1 comments:

Joe

Halo, kunjungan balik nih. Thanks atas kunjungannya, sorry blogku masih berantakan gak keurus (jadi malu dilink dari sini). Btw, baru ngeuh ternyata ada juga ya cara cari duit dari fotografi kek gini..

Oia, thanks juga berkat komennya jadi keingetan kalo postingan tsb perlu (maksain) diupdate karena sebagian infonya udah sangad-sangad kadaluarsa. Sekarang dah uptodate deh kek'nya, silahkan cek.

Post a Comment

Return top